Dampak Media Sosial dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
banner 468x60

Saat ini, media sosial merupakan platform yang hampir dimiliki dan dimiliki oleh setiap orang. Dalam penggunaan media sosial tentunya ada manfaatnya, seperti media untuk tetap bersilaturahmi dengan teman lama dan keluarga yang jauh dari tempat tinggal kita. Bahkan tren media sosial saat ini bisa menjadi pundi-pundi penghasilan kedua setelah pekerjaan tetap Anda. Namun dibalik itu semua ada juga dampak negatif yang ditimbulkan oleh pengguna media sosial yang tidak bijak. Berikut ini adalah dampak yang paling umum:

Dampak Negatif

Jenuh & Stres

Kejenuhan yang ditimbulkan oleh media sosial adalah kebosanan yang seringkali berujung pada kelelahan mental dan mental. Begitu juga dengan stress yang terkadang melanda karena melihat gambar atau sesuatu yang dapat menimbulkan rasa iri, benci, marah dan lain sebagainya. Bahkan kasus yang lebih parah dapat menyebabkan depresi dan tekanan mental.

Tidak Percaya Diri

Tidak percaya diri sering terjadi karena kurangnya rasa percaya diri pada diri sendiri, dan hal ini sering terjadi oleh para pengguna media sosial yang tidak bijak, selalu membanding-bandingkan diri dengan orang lain, melebih-lebihkan pencapaian orang lain, atau lebih parahnya lagi menganggap diri sendiri tidak ada gunanya.

Menciptakan Sensasi

Keributan biasanya terjadi karena adanya konfrontasi antar warganet atau antar kelompok, adu mulut, saling mencaci maki, fitnah dan lain sebagainya. Fenomena ribut ini sangat tidak baik terjadi di media sosial, apalagi jika keributan itu dilakukan di kehidupan nyata.

3 hal di atas merupakan contoh penggunaan media sosial yang tidak bijak yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Lalu bagaimana cara mengatasi dampak buruk media sosial? berikut beberapa tips dari kami:

Kiat Menghindari Dampak Buruk Media Sosial

Batasi Penggunaan Media Sosial

Menggunakan media sosial terlalu lama tentu dapat menimbulkan kebosanan dan membuang waktu kita, oleh karena itu kita harus membatasi penggunaannya, baik dengan membatasi waktu kita menggunakan aplikasi maupun mematikan ponsel.

Hindari Mengkonsumsi Berita Negatif, Hoax, Dan Sejenisnya

Berita negatif dan sejenisnya bisa membuat Anda stres, marah, emosional atau bahkan depresi. Hal ini tentu tidak baik untuk Anda, misalnya Anda senang nantinya karena menggunakan media sosial dan melihat berita negatif, suasana hati Anda rusak dan hancur. Anda bisa menghindari berita negatif, hoax dan sejenisnya dengan tidak mengikuti sumber berita yang tidak terpercaya, akun akun yang tidak jelas, sensasionalisme dan lain sebagainya.

Gunakan Media Sosial dengan Benar

Menggunakan media sosial seperlunya merupakan salah satu solusi untuk menghindari dampak buruk dari media sosial, seperti yang perlu dalam penjelasan disini adalah dimana saat yang tepat untuk menggunakan media sosial, seperti melihat berita dari keluarga, teman, saudara atau bertukar pesan dan saling menanyakan kabar mereka. Atau jika Anda melakukan bisnis menggunakan platform media sosial, Anda cukup memantau proses bisnis dan menanggapi klien, konsumen, dan pelanggan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk Anda semua agar terhindar dari dampak buruk media sosial, tentunya setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam menggunakan media sosial, ada yang berbisnis, sekedar hobi, sekedar bersantai, show identitas mereka, pekerjaan dan lain-lain. dll. Oleh karena itu gunakanlah dengan bijak media sosial yang anda gunakan. Teknologi bisa dianalogikan atau diibaratkan seperti pisau, bisa digunakan untuk hal-hal yang positif dan membuat bahagia atau sebaliknya. Semoga membantu dan bermanfaat.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.